Sunday, April 19, 2009

Persona 4


Game ini terpilih sebagai game terbaik tahun 2008 oleh beberapa media di dalam dan luar negeri, let's check it out

Persona 4 (P4) adalah sebuah sekuel yang benar-benar sempurna dari P3. Hal tersebut bisa dibuktikan dari fitur-fitur yang ada, dimana secara keseluruhan merupakan upgrade dari fitur-fitur yang ada di P3. Sebut saja fitur Social Link, tambahan dua status yang bisa ditingkatkan (total ada lima status, yaitu Diligence, Knowledge, Courage, Expression, dan Understanding), dan interaksi sosial yang lebih menarik dan nyata, karena adanya fitur part-time job.

Kali ini tidak lagi menjelajahi sebuah menara dengan ratusan lantai, melainkan masuk ke dimensi lain di balik TV, dan di dalamnya terdapat banyak tempat-tempat yang mencerminkan hati sesungguhnya dari seseorang. Jalan cerita utama adalah misteri dibalik pembunuhan misterius, yang mengakibatkan korbannya meninggal dan mayatnya tergeletak di antena TV. Namun secara tidak sengaja karakter utama mencoba melihat Midnight Channel (siaran TV di tengah malam pada saat hujan), dan menyadari kalau ada dimensi lain di balik TV. Dari situlah dimulai penyelidikan terhadap misteri pembunuhan beruntun yang terjadi di kota Inaba.

Cuaca memegang peranan penting di sini. Karena biasanya korban muncul pada saat hujan turun selama beberapa hari, dan setelah itu muncul kabut yang menandakan ada korban yang meninggal. Dan sudah tugas Anda untuk menyelamatkan para korban sebelum munculnya kabut, jika tidak maka permainan akan berakhir. Jadi Anda harus memikirkan cuaca sebelum bertindak untuk menyelematkan mereka yang diculik ke dimensi lain.

Seperti halnya di P3, nasib karakter utama ada di tangan Anda. Semua pilihan yang ada tergantung pilihan Anda, sehingga harus dipikirkan baik-baik bagaimana menghabiskan hari. Anda bisa saja bercengkerama dengan teman-teman sekelas, bergabung dengan klub dan mengikuti kegiatannya, melakukan pekerjaan part-time (yang berguna untuk meningkatkan salah satu status dan mendapatkan uang, tergantung dari level status yang Anda miliki), atau menjelajah dimensi lain di balik TV bersama anggota penyelidik kasus pembunuhan misterius di Inaba.

Kemajuan sekuelnya ini adalah kemampuan pemain untuk sepenuhnya mengendalikan karakter-karakter selain karakter utama dalam pertempuran. Maksudnya, Anda bisa memberi perintah spesifik terhadap karakter tertentu, walaupun bisa saja Anda mengatur taktik agar AI yang menjalankannya. Selain itu, pada saat status bercakap-cakap cukup dengan karakter lain bisa saja ada pilihan yang tidak bisa dipilih, karena tidak memiliki status yang cukup. Bahkan dengan memilih pilihan yang tepat, bisa meningkatkan salah satu status yang dimiliki oleh karakter utama.

Seperti di P3, karakter utama memiliki kemampuan untuk memiliki banyak Persona dan mengkombinasikannya di Velvet Room (yang tetap dijaga Igor, dan kini berada di dalam limusin). Dan kini, cara untuk mendapatkan Persona lebih bertumpu pada keberuntungan, karena perputaran kartu-kartu pada saat Shuffle Time lebih gila. Setelah Shuffle Time terkadang ada kesempatan untuk memperoleh Arcana Chance. Arcana Chance adalah kemunculan salah satu kartu Arcana secara random dan Anda diminta untuk memilih posisi kartu tersebut, menghadap ke atas atau ke bawah. Tentunya tiap kartu Arcana dan posisinya memiliki efek yang berbeda-beda.

Tentunya fitur mengutak-atik Persona tidak lepas dari fitur Social Link. Semakin tinggi level Social Link Arcana tertentu, makin banyak bonus experience tambahan yang didapat saat menggabungkan dan mendapatkan Persona dengan Arcana tertentu. Selain itu, semakin tinggi level Social link dari teman-teman karakter utama, akan membuat karakter yang bersangkutan lebih banyak membantu karakter utama dalam pertarungan. Semisal Yousuke dengan Arcana Magician, dan Anda berhasil menaikkan level Social Link tersebut hingga level 3. Dalam pertarungan, dia akan membantu menyerang musuh saat karakter utama berhasil melakukan serangan kritikal (follow-up attack). Atau jika berhasil meningkatkan hingga level 5, Yousuke bisa membantu karakter utama untuk berdiri kembali setelah mendapatkan serangan kritikal atau yang mengeksploitasi kelemahannya (terkena status down).

Fitur baru lainnya di sini adalah kemampuan untuk membuat senjata sendiri. Para Shadow dalam game ini setelah pertarungan biasanya akan menjatuhkan material-material tertentu. Jika Anda menjualnya di toko senjata, maka penjaga toko tersebut akan membuat senjata, armor, ataupun aksesoris yang bisa Anda beli.

Secara keseluruhan, bisa disimpulkan kalau game ini adalah sebuah sekuel yang sempurna. Fitur-fitur yang makin menarik dengan tambahan fitur-fitur baru yang makin membuat game ini menyenangkan untuk dimainkan.

Karakter yang bisa dimain kan
Seta Souji (di game, gamer bebas memilih nama) - Persona : Izanagi
Yosuke Hanamura - Persona : Jiraiya
Chie Satonaka - Persona : Tomoe
Yukiko Amagi - Persona : Konohanasakuya
Teddie - Persona : Kintokidouji
Kanji Tatsumi - Persona : Takemikazuchi
Rise Kujikawa - Persona : Himiko
Naoto Shirogane - Persona : Sukunahikona

No comments:

Post a Comment